Sunday, 25 January 2015

contoh silabus tematik

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK



Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

Tema                           : LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda


·     Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari

·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat     mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di                lingkungan rumah

·     Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
·     Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
·     Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
·     Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah

Tertulis :
-  Uraian
-  Pengamatan
/perbuatan

3 Minggu

-                         Gambar
-                          Buku
yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan  sekolah
·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah



·     Kerja sama di lingkungan rumah

·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan                    buatan di lingkungan sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata                                anginnya

·     Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
·     Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
·     Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya



3. Bahasa Indonesia
    Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
     Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran



·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan   tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar


·     Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
·     Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
·     Memberikan tanggapan dan alasan   tentang tokoh cerita binatang
·     Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar



4. Matematika
·   Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,                           satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam

·     Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
·     Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
·     Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
·     Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
·     Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
·     Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam



5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta   hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan   perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah   raga)

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda

















·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     menyebutkan ciri-ciri   pertumbuhan tumbuhan

·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
·     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
·     Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan



v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                   Disiplin ( Discipline )
-                   Tekun ( Diligence )
-                   Tanggung jawab ( Responsibility )
-                   Ketelitian ( Carefulness)
-                   Kerja sama ( Cooperation )
-                   Toleransi ( Tolerance )
-                   Percaya diri ( Confidence )
-                   Keberanian ( Bravery )







Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan




Syarifudin, S. Ag
NIP. 197009112003121002

Surakarta, 19 Agustus 2013
    

Guru Kelas III




Yuyun Mailana Sari, S. Pd


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

Tema                           : PENGALAMAN

 

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·   Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

·     Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
·     Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
·     Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
·     Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan

Tertulis :
-  Uraian
-  Pengamatan
/perbuatan

3 Minggu

-    Gambar
-    Buku
yang relevan
2. IPS :
·      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa

·     Kerja sama di lingkungan rumah

·     Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan     rumah
·     Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri  khas bangsa Indonesia






·     Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
·     Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa        Indonesia



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·   Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang   mengesankan dengan menggunakan     kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah   dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang    menolong teman
·     Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan                sehari-hari
·     melakukan percakapan tentang pengalaman
·     menanggapi cerita pengalaman teman
·     mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     membuat kesimpulan isi bacaan
·     mengemukakan pendapat tentang isi bacaan


·     Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
·     Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
·     Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
·     Melakukan percakapan tentang pengalaman
·     Menanggapi cerita pengalaman teman
·     Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
·     Membuat kesimpulan isi bacaan
·     Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan



4. Matematika
·   Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·   Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
·     Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada                          garis bilangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan            penjumlahan dan pengurangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan            perkalian dan pembagian
·     Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai     satuan   uang lainnya
·     Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     Menaksir panjang   dan lebar suatu benda dengan meteran
·     Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/    neraca
·     Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah                sehari-hari

·     Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan     pengurangan
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan        pembagian
·     Menyebutkan nilai   mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
·     Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
·     Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
·     Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
·     Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
·     Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
·     Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
·     Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari



5. IPA :
·  Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang   mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·  Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak   (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda    padat, cair dan gas

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda 

·     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui   pengamatan gambar
·     Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas

·     Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup    berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
·     Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
·     Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas
·     Menyebutkan sifat-sifat benda cair
·     Menyebutkan sifat-sifat benda gas



v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                Disiplin ( Discipline )
-                Tekun ( Diligence )
-                Tanggung jawab ( Responsibility )
-                Ketelitian ( Carefulness)
-                Kerja sama ( Cooperation )
-                Toleransi ( Tolerance )
-                Percaya diri ( Confidence )
-                Keberanian ( Bravery )







Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan




Syarifudin, S. Ag
NIP. 197009112003 12 1 002

Surakarta, 19 Agustus 2013

        
Guru Kelas III




Yuyun Mailana Sari, S. Pd


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

TEMA                        : KEGIATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·   Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari


·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Membaca teks Sumpah Pemuda

·     Membaca teks Sumpah Pemuda

Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan
/perbuatan

2 Minggu

-                         Gambar
-                         Buku
yang relevan
2. IPS :
·      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/    desa

·     Kerja sama di lingkungan rumah

·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
·     Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah

·     Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
·     Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan     Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·   Memahami teks dengan membaca   nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah    dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan    memperhatikan penggunaan ejaan


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan     gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk  memisahkan rupiah, persepuluh,
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda


·     Mendengarkan penjelasan lomba
·     Menyusun percakapan melalui telepon
·     Memberikan tanggapan dan saran   melalui pengamatan gambar
·     Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menjawab pertanyaan bacaan
·     Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
·     Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
·     Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
·     Menggunakan kata depan di- dan ke-



4. Matematika
·     Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

·     Menentukan letak bilangan pada garis bingan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan    pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran
·     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau                 jam)
·     Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan     antarsatuan berat

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan   pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Menentukan pola   pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam,  hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram

·     Menentukan posisi pada garis bilangan
·     Menentukan pola   pada garis bilangan
·     Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
·     Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
·     Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
·     Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
·     Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
·     Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
·     Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
·     Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram




5. IPA :
·    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·    Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·    Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari









·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda

·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping   yang menunjukkan lingkungan sehat dan      tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas


·     Mempraktekkan cara memelihara tanaman
·     Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
·     Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas



v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                   Disiplin ( Discipline )
-                   Tekun ( Diligence )
-                   Tanggung jawab ( Responsibility )
-                   Ketelitian ( Carefulness)
-                   Kerja sama ( Cooperation )
-                   Toleransi ( Tolerance )
-                   Percaya diri ( Confidence )
-                   Keberanian ( Bravery )







Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan




Syarifudin, S. Ag

Surakarta, 19 Agustus 2013


Guru Kelas III B




Yuyun Mailana Sari, S. Pd
                       NIP. 19700911 2003121 002




  SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

 

Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

Tema                           : TEMPAT UMUM


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·   Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan

·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang   digunakan untuk kegiatan kepemudaan


Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan/perbuatan

2 Minggu

·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/       desa



·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Danukusuman.




·     Menyebutkan tempat kenampakan   alam
·     Menyebutkan tempat kenampakan   buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Danukusuman




3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran



·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·      Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·     Kalimat yang runtut dan mudah dipahami


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar


·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar



4. Matematika
·   Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran


·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6     pada lembar tugas secara berkelompok
·     Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan                  pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian

·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·     Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian



5. IPA :
·  Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·  Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda

·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan    kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan    kegunaannya

·     Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
·     Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi   benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya









v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                Disiplin ( Discipline )
-                Tekun ( Diligence )
-                Tanggung jawab ( Responsibility )
-                Ketelitian ( Carefulness)
-                Kerja sama ( Cooperation )
-                Toleransi ( Tolerance )
-                Percaya diri ( Confidence )
-                Keberanian ( Bravery )









Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan





Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 1002
                                    Surakarta, 19 Agustus 2013




             Guru Kelas III B





                                    Yuyun Mailana Sari, S. Pd



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

Tema                           : HIBURAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·   Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

·     Menulis isi teks Sumpah Pemuda
·     Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
·     Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

Tertulis :
-    Uraian
-   Pengamatan/perbuatan

2 Minggu

·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·   Memahami lingkungan dan   melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

·     Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

·     Kerja sama di lingkungan rumah

·     Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat denah MI Al Islam Grobagan dilengkapi dengan      rencana penghijauan
·     Siswa  dapat membuat denah rumah siswa dengan     menentukan arah mata angin
·     Membaca denah rumah siswa dan MI Al Islam Grobagan membuat peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan membaca peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan

·     Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat denah MI Al Islam Grobagan dilengkapi dengan rencana penghijauan
·     Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata  angin
·     Membaca denah rumah siswa dan MI Al Islam Grobagan Membuat peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan
·     Membaca peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan   bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
·  Memahami teks dengan membaca   nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
·  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan    kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
·     Menceritakan isi dongeng yang dibaca
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan    memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·     Mencatat petunjuk tentang permainan
·     Menceritakan pengalaman pribadi yang     menyenangkan 
·     Menjelaskan urutan cara melakukan suatu    permainan
·     Membaca puisi dengan   penghayatan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng  yang dibaca
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng    yang dibacanya
·     Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     Menulis puisi karangan sendiri
·     Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi


·     Mendengarkan petunjuk melakukan   permainan
·     Mencatat petunjuk tentang permainan
·     Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
·     Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
·     Membaca puisi dengan penghayatan
·     Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
·     Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang    dibacanya
·     Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
·     Menulis puisi karangan sendiri
·     Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi



4. Matematika
·   Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

·     Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
·     Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan    pembagian bilangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitung campuran

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Membilang secara urut
·     Membandingkan       dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     membuat tabel 10 x 10
·     Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat


·     Membilang secara urut
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
·     Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
·     Membuat tabel 10 x 10
·     Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat



5. IPA :
·   Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·   Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·   Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Mendeskripsikan   perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau     rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan       diletakkan di udara terbuka

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda

·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada             benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di        tempat terbuka
·     Membandingkan benda sebelum dan sesudah     mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat     terbuka




·     Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
·     Mendemonstrasikan   adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
·     Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka

















v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                    Disiplin ( Discipline )
-                    Tekun ( Diligence )
-                    Tanggung jawab ( Responsibility )
-                    Ketelitian ( Carefulness)
-                    Kerja sama ( Cooperation )
-                    Toleransi ( Tolerance )
-                    Percaya diri ( Confidence )
-                    Keberanian ( Bravery )








Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan





Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 002

Surakarta, 19 Agustus 2013
        

Guru Kelas III B





Yuyun Mailana Sari, S. Pd

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah            : MI Al Islam Grobagan

Kelas / Semester        : III ( Tiga ) / I ( Satu )

Tema                           : KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·   Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan

·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya                menggalang persatuan dan kesatuan

Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan/perbuatan

2 Minggu

·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan   sekolah

·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

·     Kerja sama di lingkungan rumah

·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah

·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·   Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·   Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan  memperhatikan penggunaan ejaan


·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks


·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf


·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf



4. Matematika
·   Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

·     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan   pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat

·     Menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan

·     Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan



5. IPA
·   Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·   Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan


·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup    dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
·     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh    terhadap kesehatan

·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda

·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara   bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi    pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan     (zat aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan            terhadap kesehatan

·     Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan



v  Karakter siswa yang diharapkan :
-                Disiplin ( Discipline )
-                Tekun ( Diligence )
-                Tanggung jawab ( Responsibility )
-                Ketelitian ( Carefulness)
-                Kerja sama ( Cooperation )
-                Toleransi ( Tolerance )
-                Percaya diri ( Confidence )
-                Keberanian ( Bravery )






Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan





Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 002
Surakarta, 19 Agustus 2013


                            Guru Kelas III B





                                          Yuyun Mailana Sari, S. Pd

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
PKN
·         Mengenal kekhasan bangsa   Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       mendeskripsikan letak geografis Indonesia
·       menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
·       menyebutkan jenis-jenis hutan   dan tujuannya
·       Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
·       menyebutkan hasil laut
·       menyebutkan manfaat sungai
·         menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
·         Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·         Menyebutkan manfaat sungai
·         Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·         Mengidentifikasi hasil laut
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami pentingnya semangat kerja
·     jenis pekerjaan dan penggunaan uang
·         menjelaskan pentingnya semangat kerja
·         menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·         menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
III.   IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IPA

·         Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·         Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
·         Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
·     cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
·         menyebutkan pengertian angin 
·         menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
·         Menyebutkan pengertian angin
·         Menunjukkan pengertian angin
·         Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda



IV.   Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Mengenal pecahan sederhana
·     pecahan sederhana
·         membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·         Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·         menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·         membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·         menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·         menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
·         Membuktikan pecahan-pecahan   setengah, seperempat
·         Membuktikan pecahan-pecahan   sepertiga, seperenam
·         Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·         Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·         Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·         Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan   pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      
·         mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·         melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         menceritakan kembali bencana   alam yang dilihat di televisi
·         menceritakan kembali bencana   alam yang dibacanya dari media cetak
·         membacakan bacaan agak panjang secara intensif
·         membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
·         menulis kalimat berita
·         memilih kalimat berita
·         menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·         Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         Menceritakan kembali bencana   alam yang dilihat di televisi
·         Menceritakan kembali bencana   alam yang dibacanya di media cetak
·         Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·         Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·         Menulis kalimat berita
·         Memilih kalimat berita
·         Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………






SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.   Memiliki harga diri sebagai individu
PKN:
Mengenal pentingnya harga diri
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  mengidentifikasi harga diri
§  menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
§  Mengidentifikasi harga diri
§  Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

4 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
§  mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  menyebutkan manfaat semangat kerja
§  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Menyebutkan manfaat semangat kerja
III.   IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
§  mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
§  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari



IV.   Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Matematika :
§ Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
§  menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  membilang pecahan dengan kata-kata
§  Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§  Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Siswa membilang pecahan dengan lambang
§  Siswa membandingkan dua buah pecahan
§  Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
§  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Membilang pecahan dengan kata-kata
§  Menuliskan pecahan dengan lambang
§  Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Membilang pecahan dengan lambang
§  Membandingkan dua buah pecahan
§  Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
§  Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
§  Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§  Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata)   yang dibaca secara intensif.
§  Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
§  Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§  Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
§  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Mendengarkan pembacaan cerita
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )








Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KERAJINAN TANGAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.   Memiliki harga diri sebagai individu
IPS  :
·        Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
·        Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·        membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·        menjelaskan tujuan jual beli
·      menyebutkan yang dimaksud penjual
·        Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·        Menjelaskan tujuan jual beli
·        Menyebutkan yang dimaksud penjual
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPA :
·        Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·        membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·        menentukan rancangan yang akan dibuat
·        menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
·        menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        menggunakan alat dan bahan secara tepat
·        membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·        memodifikasi model-model yang dibuat
·        Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·        Menentukan rancangan yang akan dibuat
·        Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        Menggunakan alat dan bahan secara tepat
·        Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·        Memodifikasi model-model yang dibuat
III.   IPA
5.     Menerapkan konsep energi gerak
PKn :
·        Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·        menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·        menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·        menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
·       Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·        Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·        Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·        Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong



IV.   Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4.   Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Matematika :
·      Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·      menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·      menulis kalimat matematikanya
·      menentukan sudut dari benda/ bangun
·      menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·      mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·      membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
·      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·      Menulis kalimat matematikanya
·      Menentukan sudut dari benda/ bangun
·      Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·      Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·      Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
·      Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·      Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
·      Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·      Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan   peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·      mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·      membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·      melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·      memperagakan percakapan melalui telepon
·      menyimpulkan isi bacaan
·      membaca contoh karangan
·      membuat percakapan melalui telepon
·      membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·      menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·      menulis ringkasan dongeng anak-anak
·      menentukan tema puisi berdasarakan gamabar
·      Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·      Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·      Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·      Memperagakan percakapan melalui telepon
·      Menyimpulkan isi bacaan
·      Membaca contoh karangan
·      Membuat percakapan melalui telepon
·      Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·      Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·      Menulis ringkasan dongeng anak-anak
·      Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
·      Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )







Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEGEMARAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
·         Memiliki harga diri sebagai individu
·         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKN
·         Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
·         Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·         mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         mengasumsi sikap ramah dan santun
·         menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
·         Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         Mengasumsi sikap ramah dan santun
·         Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·       menyebutkan pengertian pembeli
·       menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
·         Menyebutkan pengertian pembeli
·         Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         Menyebutkan nama-nama pasar   yang ada di lingkungan rumah masing-masing
III.   IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·         Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
·       Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih



IV.   Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana

Matematika
·         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
·         Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·         menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·         membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·       menghitung keliling bangun persegi
·         menghitung keliling bangun persegi panjang
§  Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·       Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·         Menghitung keliling bangun persegi
·         Menghitung keliling bangun persegi panjang



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
·         Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
·         Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan   peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·       memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·       menanggapi pengalaman teman
·       melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·       menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·       menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·       membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·       membaca puisi
·       menjawab pertanyaan yang   diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         mengamati dan mengurutkan gambar
·         menggunakan tanda hubung (-)   untuk menulis kata ulang
·         membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·       menulis tegak bersambung
·       membuat karangan sederhana
·         menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
·         Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·         Menanggapi pengalaman teman
·         Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·         Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·         Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·         Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·         Membaca puisi
·         Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         Mengamati dan mengurutkan gambar
·         Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
·         Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·         Menulis tegak bersambung
·         Membuat karangan sederhana
·         Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………




 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PENDIDIKAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKn
·         Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·        mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
·        mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
·        mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
·        mengidentifikasi manfaat gotong royong]
·        mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·         mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
·        Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
·        Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
·        Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
·        Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
·        Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·         Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

4 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·        menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
·        menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
·        menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
·         menyebutkan jenis-jenis uang kartal
·         Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
·         Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
·         Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
·         Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
·         Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
·         Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
III.   IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·         Menjelaskan hubungan antara   keadaan awan dan cuaca
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·         mengidentifikasi kondisi cuaca
·         meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
·         menggambar secara sederhana   simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
·         mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
·         mendeskripsikan hubungan antara   pakaian yang dikenakan dengan keadaan
·         membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
·         menjelaskan kegunan sumber daya alam
·        Mengidentifikasi kondisi cuaca
·        Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
·        Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
·        Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
·         Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
·        Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
·       Menjelaskan kegunan sumber daya alam



IV.   Matematika
5.   Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Menghitung luas persegi dan persegi panjang
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·        menggambar luas persegi
·         menggambar luas persegi panjang
·        membandingkan luas bangun datar
·        mengurutkan luas berbagai bangun datar
·        menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
·        menemukan cara menghitung luas   persegi
·        menemukan cara menghitung luas   persegi panjang
·         menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
·         Menggambar luas persegi
·         Menggambar luas persegi panjang
·         Membandingkan luas bangun datar
·         Mengurutkan luas berbagai bangun datar
·         Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
·         Menemukan cara menghitung luas persegi
·         Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
·         Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan   peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
·         menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
·         mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
·         membaca bacaan dengan suara lantang
·         mengamati gambar seri
·         menentukan urutan dan maksud gambar seri
·         memahami dan menggunakan kata depan ke
·         melengkapi kalimat dengan kata depan
·         menyusun kalimat acak
·         menulis amanat puisi yang sudah   ditulis siswa
·         mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
·         Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
·         Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
·         Membaca bacaan dengan suara lantang
·         Mengamati gambar seri
·         Menentukan urutan dan maksud gambar seri
·         Memahami dan menggunakan kata depan ke
·         Melengkapi kalimat dengan kata depan
·         Menyusun kalimat acak
·         Menulis amanat puisi yang sudah   ditulis siswa
·         Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PERMAINAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKN
·        Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
·       mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
·       mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
·       mengidentifikasi manfaat gotong royong]
·       mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·       mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
·        Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
·        Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
·        Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·        Menyebutkan hasil karya bangsa   Indonesia
·        Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
·        Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS
·        Mengenal sejarah uang
·        Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·        menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
·        menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
·        menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
·        menyebutkan jenis-jenis uang kartal
·        Menyebutkan jenis-jenis uang giral
·        Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
·     Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
·        Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
III.   IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·       Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasi kondisi cuaca
·        meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
·        menggambar secara sederhana   simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
·       mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
·       mendeskripsikan hubungan antara   pakaian yang dikenakan dengan keadaan
·        membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
·        menjelaskan kegunan sumber daya alam
·        Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
·        Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
·        Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
·        Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan



IV.   Matematika
5.   Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Matematika
·        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·        menggambar luas persegi
·        menggambar luas persegi panjang
·        membandingkan luas bangun datar
·        mengurutkan luas berbagai bangun datar
·        menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
·        menemukan cara menghitung luas   persegi
·        menemukan cara menghitung luas   persegi panjang
·        menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
·        Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·        Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
·      Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan   peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·        menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·        menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
·        menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
·        mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
·        membaca bacaan dengan suara lantang
·        mengamati gambar seri
·        menentukan urutan dan maksud gambar seri
·        memahami dan menggunakan kata depan ke
·        melengkapi kalimat dengan kata depan
·        menyusun kalimat acak
·        menulis amanat puisi yang sudah   ditulis siswa
·      mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
·        Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
·        Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
·        Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
·        Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
·        Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
·        Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
·        Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
·        Menjelaskan cara membuat mainan
·        Menulis petunjuk membuat mainan
·        Melengkapi petunjuk
·        Menulis puisi dengan bantuan gambar
·        Menulis puisi dengan tema tertentu



v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )




Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………



No comments:

Post a Comment