SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
Tema : LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
· Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
· Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
· Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
· Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
· Menyebutkan
· Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan
/perbuatan
|
3 Minggu
|
- Gambar
- Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
|
· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar
· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
· Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
· Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
|
· Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
· Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
· Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
· Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
| |||
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
· Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
· Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
· Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
· Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
|
· Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
· Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
· Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
· Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
· Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
· Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
| |||
5. IPA :
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
NIP. 197009112003121002
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
Tema : PENGALAMAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
· Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
· Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
· Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
· Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
· Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda
· Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda
· Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II
· Menjelaskan makna Sumpah Pemuda
· Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan
/perbuatan
|
3 Minggu
|
- Gambar
- Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
· Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri khas bangsa Indonesia
|
· Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah
· Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
· Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
· Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
· Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
· Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
· melakukan percakapan tentang pengalaman
· menanggapi cerita pengalaman teman
· mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
· membuat kesimpulan isi bacaan
· mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
|
· Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman
· Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman
· Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari
· Melakukan percakapan tentang pengalaman
· Menanggapi cerita pengalaman teman
· Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan
· Membuat kesimpulan isi bacaan
· Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan
| |||
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
· Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka
· Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
· Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
· Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
· Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
· Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
· Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
· Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
· Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
· Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
|
· Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian
· Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar
· Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya
· Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari
· Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang
· Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran
· Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca
· Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur
· Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari
| |||
5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
· Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair dan gas
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
· Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
· Menyebutkan sifat-sifat benda gas
· Menyebutkan sifat-sifat benda cair
· Menyebutkan sifat-sifat benda gas
|
· Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya
· Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar
· Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran
· Menyebutkan sifat-sifat benda gas
· Menyebutkan sifat-sifat benda cair
· Menyebutkan sifat-sifat benda gas
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
NIP. 197009112003 12 1 002
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
TEMA : KEGIATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Membaca teks Sumpah Pemuda
|
· Membaca teks Sumpah Pemuda
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan
/perbuatan
|
2 Minggu
|
- Gambar
- Buku
yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
· Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
· Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
· Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
· Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
|
· Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik
· Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
· Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
· Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif
· Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
· Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab pertanyaan bacaan
· Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
· Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
· Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh,
· Menulis kalimat dengan menggunakan tanda
|
· Mendengarkan penjelasan lomba
· Menyusun percakapan melalui telepon
· Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar
· Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab pertanyaan bacaan
· Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
· Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
· Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se
· Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
· Menggunakan kata depan di- dan ke-
| |||
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menentukan letak bilangan pada garis bingan
· Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
· Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
· Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Menentukan pola pada garis bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
|
· Menentukan posisi pada garis bilangan
· Menentukan pola pada garis bilangan
· Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
· Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
· Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua
· Menyebutkan jenis alat ukur sederhana
· Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
· Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
· Membaca tanda waktu sampai
· Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram
| |||
5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
· Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
· Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Mempraktekkan cara memelihara tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
|
· Mempraktekkan cara memelihara tanaman
· Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
· Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III B
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
NIP. 19700911 2003121 002
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
Tema : TEMPAT UMUM
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
· Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
|
· Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
· Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan/perbuatan
|
2 Minggu
|
· Gambar
· Buku yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
· Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Menyebutkan tempat kenampakan alam
· Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
· Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Danukusuman.
|
· Menyebutkan tempat kenampakan alam
· Menyebutkan tempat kenampakan buatan
· Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Danukusuman
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
· Kalimat yang runtut dan mudah dipahami
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
· Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
· Menjelaskan makna simbol
· Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
|
· Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
· Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
· Menjelaskan makna simbol
· Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
| |||
4. Matematika
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
· Melakukan operasi hitungan campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
· Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian
|
· Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
· Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
· Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian
| |||
5. IPA :
· Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
· Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
· Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
· Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Memberi contoh benda padat
· Menuliskan contoh benda cair
· Menyebutkan contoh benda gas
· Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya
|
· Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
· Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
· Memberi contoh benda padat
· Menuliskan contoh benda cair
· Menyebutkan contoh benda gas
· Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
· Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 1002
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III B
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
Tema : HIBURAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Menulis isi teks Sumpah Pemuda
· Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
· Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
· Menulis isi teks Sumpah Pemuda
· Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
· Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan/perbuatan
|
2 Minggu
|
· Gambar
· Buku yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat denah MI Al Islam Grobagan dilengkapi dengan rencana penghijauan
· Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin
· Membaca denah rumah siswa dan MI Al Islam Grobagan membuat peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan membaca peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan
|
· Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat denah MI Al Islam Grobagan dilengkapi dengan rencana penghijauan
· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin
· Membaca denah rumah siswa dan MI Al Islam Grobagan Membuat peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan
· Membaca peta dari rumah siswa ke MI Al Islam Grobagan
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
· Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng
Menulis
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
· Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
· Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menceritakan isi dongeng yang dibaca
· Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
· Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
· Mencatat petunjuk tentang permainan
· Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
· Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
· Membaca puisi dengan penghayatan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
· Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya
· Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
· Menulis puisi karangan sendiri
· Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
|
· Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
· Mencatat petunjuk tentang permainan
· Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan
· Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan
· Membaca puisi dengan penghayatan
· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri
· Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya
· Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat
· Menulis puisi karangan sendiri
· Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi
| |||
4. Matematika
· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
· Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
· Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka
· Melakukan operasi hitung campuran
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Membilang secara urut
· Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
· Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
· membuat tabel 10 x 10
· Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
|
· Membilang secara urut
· Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
· Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus
· Membuat tabel 10 x 10
· Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat
| |||
5. IPA :
· Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
· Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
· Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
· Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
· Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
· Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
|
· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya
· Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar
· Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka
· Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 002
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III B
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah : MI Al Islam Grobagan
Kelas / Semester : III ( Tiga ) / I ( Satu )
Tema : KESEHATAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1. PKN :
· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
|
· Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
· Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
|
Tertulis :
- Uraian
- Pengamatan/perbuatan
|
2 Minggu
|
· Gambar
· Buku yang relevan
|
2. IPS :
· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
· Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
|
· Kerja sama di lingkungan rumah
|
· Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
|
· Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
| |||
3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
· Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
· Menjelaskan isi teks
|
· Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
· Menceritakan kembali cerita yang didengar
· Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
· Membuat kalimat sesuai dengan gambar
· Menyusun karangan berdasarkan gambar
· Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf
|
· Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
· Menceritakan kembali cerita yang didengar
· Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
· Membuat kalimat sesuai dengan gambar
· Menyusun karangan berdasarkan gambar
· Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf
| |||
4. Matematika
· Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
|
· Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
|
· Garis bilangan
· Penjumlahan dan pengurangan
· Perkalian dan pembagian
· Uang
· Alat ukur
· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
|
· Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
· Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
|
· Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
· Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
| |||
5. IPA
· Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
· Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
|
· Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).
· Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
|
· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
· Perubahan pada makhluk hidup
· Sifat-sifat benda
|
· Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
· Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zat aditif) terhadap tubuh
· Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
· Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
· Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
|
· Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
· Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
· Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
· Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
· Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
· Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
· Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
· Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
· Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
· Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
· Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( Diligence )
- Tanggung jawab ( Responsibility )
- Ketelitian ( Carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala MI Al Islam Grobagan
Syarifudin, S. Ag
NIP. 19700911 200312 1 002
|
Surakarta, 19 Agustus 2013
Guru Kelas III B
Yuyun Mailana Sari, S. Pd
|
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERTANIAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
· Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
· kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
· mendeskripsikan letak geografis Indonesia
· menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
· menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
· Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
· menyebutkan hasil laut
· menyebutkan manfaat sungai
· menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
|
· Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Menyebutkan manfaat sungai
· Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
· Mengidentifikasi hasil laut
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
3 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
· Memahami pentingnya semangat kerja
|
· jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
· menjelaskan pentingnya semangat kerja
· menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
· menjelaskan alasan orang harus bekerja
|
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
· Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
| |||
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA
· Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
· Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
· Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
· cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
· menyebutkan pengertian angin
· menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
· menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
· membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
· menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
· menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
|
· Menyebutkan pengertian angin
· Menunjukkan pengertian angin
· Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
· Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
· Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
· Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
· Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
| |||
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
· Mengenal pecahan sederhana
|
· pecahan sederhana
|
· membuktikan pecahan 1/2, 1/4
· Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
· menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
· membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
· menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
· membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
· menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
· Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
· Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
· Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
· Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
· Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
· Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
· Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
| |||
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
· Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
· Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
· Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
·
|
· mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
· melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
· menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
· membacakan bacaan agak panjang secara intensif
· membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
· menulis kalimat berita
· memilih kalimat berita
· menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
|
· Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
· Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
· Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
· Membaca bacaan agak panjang secara intensif
· Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
· Menulis kalimat berita
· Memilih kalimat berita
· Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
|
PKN:
Mengenal pentingnya harga diri
|
· Kekayaan alam
· Harga diri
· Kebanggaan sebagai bangsa
|
§ mengidentifikasi harga diri
§ menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§ mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§ memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§ menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
§ Mengidentifikasi harga diri
§ Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§ Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§ Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§ Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
4 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
· Jenis-jenis pekerjaan
· Semangat kerja
· Jual beli
· Uang
· Pengelolaan uang
|
§ mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§ menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§ Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§ membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§ menyebutkan manfaat semangat kerja
|
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§ Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§ Menyebutkan manfaat semangat kerja
| |||
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
|
IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
· Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
§ mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§ mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§ membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§ menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§ menjelaskan pentingnya menghemat energi
§ memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§ menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§ menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
§ Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§ Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§ Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§ Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§ Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§ Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§ Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
| |||
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika :
§ Mengenal pecahan sederhana
|
· Pecahan
· Bangun datar
· Sudur
· Persegi dan persegi panjang
|
§ menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§ membilang pecahan dengan kata-kata
§ Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§ Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Siswa membilang pecahan dengan lambang
§ Siswa membandingkan dua buah pecahan
§ Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§ Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
|
§ Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§ Membilang pecahan dengan kata-kata
§ Menuliskan pecahan dengan lambang
§ Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Membilang pecahan dengan lambang
§ Membandingkan dua buah pecahan
§ Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§ Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
| |||
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia :
§ Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
§ Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§ Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§ Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§ Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
· Menanggapi cerita
· Menirukan dialog
· Menceritakan peristiwa
· Percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menulis karangan
|
§ Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§ Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§ Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§ Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§ Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§ Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§ Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§ Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§ Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
§ Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§ Mendengarkan pembacaan cerita
§ Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§ Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§ Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§ Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§ Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KERAJINAN TANGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
|
IPS :
· Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
· Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
|
· Kekayaan alam
· Harga diri
· Kebanggaan sebagai bangsa
|
· membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
· menjelaskan tujuan jual beli
· menyebutkan yang dimaksud penjual
|
· Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
· Menjelaskan tujuan jual beli
· Menyebutkan yang dimaksud penjual
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
3 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPA :
· Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
|
· Jenis-jenis pekerjaan
· Semangat kerja
· Jual beli
· Uang
· Pengelolaan uang
|
· membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
· menentukan rancangan yang akan dibuat
· menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
· menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
· menggunakan alat dan bahan secara tepat
· membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
· memodifikasi model-model yang dibuat
|
· Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
· Menentukan rancangan yang akan dibuat
· Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
· Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
· Menggunakan alat dan bahan secara tepat
· Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
· Memodifikasi model-model yang dibuat
| |||
III. IPA
5. Menerapkan konsep energi gerak
|
PKn :
· Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
· Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
· mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
· menjelaskan cara agar dihargai orang lain
· menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
· menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
|
· Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
· Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
· Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
· Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
| |||
IV. Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
|
Matematika :
· Mengenal pecahan sederhana
|
· Pecahan
· Bangun datar
· Sudur
· Persegi dan persegi panjang
|
· menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
· menulis kalimat matematikanya
· menentukan sudut dari benda/ bangun
· menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
· mengurutkan besar sudut menurut ukuran
· membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
|
· Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
· Menulis kalimat matematikanya
· Menentukan sudut dari benda/ bangun
· Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
· Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
· Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
| |||
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia :
· Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
· Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
· Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
· Menanggapi cerita
· Menirukan dialog
· Menceritakan peristiwa
· Percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menulis karangan
|
· mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
· membuat percakapan melalui telepon dengan teman
· melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
· memperagakan percakapan melalui telepon
· menyimpulkan isi bacaan
· membaca contoh karangan
· membuat percakapan melalui telepon
· membuat kalimat berdasarkan gambar seri
· menyusun karangan berdasarkan gambar seri
· menulis ringkasan dongeng anak-anak
· menentukan tema puisi berdasarakan gamabar
|
· Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
· Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
· Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
· Memperagakan percakapan melalui telepon
· Menyimpulkan isi bacaan
· Membaca contoh karangan
· Membuat percakapan melalui telepon
· Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
· Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
· Menulis ringkasan dongeng anak-anak
· Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
· Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
· Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
· Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: KEGEMARAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
· Memiliki harga diri sebagai individu
· Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
· Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
· Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
· Kekayaan alam
· Harga diri
· Kebanggaan sebagai bangsa
|
· mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
· mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
· mengasumsi sikap ramah dan santun
· menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
|
· Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
· Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
· Mengasumsi sikap ramah dan santun
· Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
3 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
· Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
· Jenis-jenis pekerjaan
· Semangat kerja
· Jual beli
· Uang
· Pengelolaan uang
|
· menyebutkan pengertian pembeli
· menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
· menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
|
· Menyebutkan pengertian pembeli
· Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
· Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
| |||
III. IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
· Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
· Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
· mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
· menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
· menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
|
· Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
· Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
· Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
| |||
IV. Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
|
Matematika
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
· Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
· Pecahan
· Bangun datar
· Sudur
· Persegi dan persegi panjang
|
· menjelaskan sudut sebagai jarak putar
· membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
· membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
· menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
· menghitung keliling bangun persegi
· menghitung keliling bangun persegi panjang
|
§ Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
· Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
· Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
· Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
· Menghitung keliling bangun persegi
· Menghitung keliling bangun persegi panjang
| |||
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
· Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
· Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
· Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
· Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
· Menanggapi cerita
· Menirukan dialog
· Menceritakan peristiwa
· Percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menulis karangan
|
· memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
· menanggapi pengalaman teman
· melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
· menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
· menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
· membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
· membaca puisi
· menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
· mengamati dan mengurutkan gambar
· menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
· membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
· menulis tegak bersambung
· membuat karangan sederhana
· menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
· Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
· Menanggapi pengalaman teman
· Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
· Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
· Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
· Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
· Membaca puisi
· Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
· Mengamati dan mengurutkan gambar
· Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
· Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
· Menulis tegak bersambung
· Membuat karangan sederhana
· Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PENDIDIKAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKn
· Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
|
· Kekayaan alam
· Harga diri
· Kebanggaan sebagai bangsa
|
· mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
· mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
· mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
· mengidentifikasi manfaat gotong royong]
· mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
· mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
|
· Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
· Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
· Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
· Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
· Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
· Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
4 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
· Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
· Jenis-jenis pekerjaan
· Semangat kerja
· Jual beli
· Uang
· Pengelolaan uang
|
· menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
· menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
· menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
· menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
· menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
· menyebutkan jenis-jenis uang kartal
|
· Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
· Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
· Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
· Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
· Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
· Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
| |||
III. IPA
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
· Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
· Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
· mengidentifikasi kondisi cuaca
· meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
· menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
· mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
· mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
· membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
· menjelaskan kegunan sumber daya alam
|
· Mengidentifikasi kondisi cuaca
· Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
· Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
· Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
· Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
· Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
· Menjelaskan kegunan sumber daya alam
| |||
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
· Menghitung luas persegi dan persegi panjang
|
· Pecahan
· Bangun datar
· Sudur
· Persegi dan persegi panjang
|
· menggambar luas persegi
· menggambar luas persegi panjang
· membandingkan luas bangun datar
· mengurutkan luas berbagai bangun datar
· menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
· menemukan cara menghitung luas persegi
· menemukan cara menghitung luas persegi panjang
· menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
|
· Menggambar luas persegi
· Menggambar luas persegi panjang
· Membandingkan luas bangun datar
· Mengurutkan luas berbagai bangun datar
· Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
· Menemukan cara menghitung luas persegi
· Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
| |||
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
· Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
· Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
· Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
· Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
· Menanggapi cerita
· Menirukan dialog
· Menceritakan peristiwa
· Percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menulis karangan
|
· menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
· menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
· menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
· mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
· membaca bacaan dengan suara lantang
· mengamati gambar seri
· menentukan urutan dan maksud gambar seri
· memahami dan menggunakan kata depan ke
· melengkapi kalimat dengan kata depan
· menyusun kalimat acak
· menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
· mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
|
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
· Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
· Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
· Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
· Membaca bacaan dengan suara lantang
· Mengamati gambar seri
· Menentukan urutan dan maksud gambar seri
· Memahami dan menggunakan kata depan ke
· Melengkapi kalimat dengan kata depan
· Menyusun kalimat acak
· Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
· Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
![]() |
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
TEMA: PERMAINAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
PKN
· Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
· Kekayaan alam
· Harga diri
· Kebanggaan sebagai bangsa
|
· mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
· mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
· mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
· mengidentifikasi manfaat gotong royong]
· mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
· mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
|
· Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
· Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
· Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
· Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
· Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
· Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
Teknik Tes
o Tes dan non tes
Bentuk Tes
o Lisan :
o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o Ketepatan menjawab
o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o Tertulis :
o Isian
o Pilihan Ganda
o Uraian
o Tes perbuatan
o Instrumen Tes
o LKS
o Lembar observasi
|
3 minggu
|
o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o Buku IPA
o Buku Matematika
o Buku Bahasa Indonesia
o Buku IPS
o Ensiklopedia
o Kamus Bahasa Indonesia
o Pedoman EYD
o Koran dan Majalah
o Media elektronik
|
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
IPS
· Mengenal sejarah uang
· Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
· Jenis-jenis pekerjaan
· Semangat kerja
· Jual beli
· Uang
· Pengelolaan uang
|
· menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
· menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
· menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
· menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
· menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
· menyebutkan jenis-jenis uang kartal
|
· Menyebutkan jenis-jenis uang giral
· Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
· Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
· Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
| |||
III. IPA
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
IPA
· Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
· Energi
· Gerak benda
· Kenampakan permukaan bumi
· Cuaca
· Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
· Kelestarikan dan pemeliharaan alam
|
· mengidentifikasi kondisi cuaca
· meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
· menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
· mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
· mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
· membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
· menjelaskan kegunan sumber daya alam
|
· Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
· Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
· Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
· Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
| |||
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
Matematika
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
· Pecahan
· Bangun datar
· Sudur
· Persegi dan persegi panjang
|
· menggambar luas persegi
· menggambar luas persegi panjang
· membandingkan luas bangun datar
· mengurutkan luas berbagai bangun datar
· menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
· menemukan cara menghitung luas persegi
· menemukan cara menghitung luas persegi panjang
· menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
|
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
| |||
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
|
Bahasa Indonesia
· Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
· Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
· Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
· Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
· Menanggapi cerita
· Menirukan dialog
· Menceritakan peristiwa
· Percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menulis karangan
|
· menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
· menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
· menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
· mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
· membaca bacaan dengan suara lantang
· mengamati gambar seri
· menentukan urutan dan maksud gambar seri
· memahami dan menggunakan kata depan ke
· melengkapi kalimat dengan kata depan
· menyusun kalimat acak
· menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
· mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
|
· Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
· Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
· Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
· Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
· Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
· Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
· Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
· Menjelaskan cara membuat mainan
· Menulis petunjuk membuat mainan
· Melengkapi petunjuk
· Menulis puisi dengan bantuan gambar
· Menulis puisi dengan tema tertentu
| |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
No comments:
Post a Comment